Jumat, 22 Januari 2016

Aliran Pada Interaction Design

Interaction Design
Interaction Design yang sering di singkat menjadi IxD ini merupakan salah satu dari disiplin ilmu dari UX yang berhubungan erat dengan HCI (Human Computer Interaction) di mana kita mempelajari hubungan antara user, tujuannya, task, pengalaman, kebutuhan dan apa yang user inginkan. Dimana dalam hal ini kita melakukan pendekatan design dengan berpusat kepada perspektif user sementara tetap berusaha untuk menyeimbangkan kebutuhan dari sang user dengan business goals dan kemampuan teknologi yang ada.

Interaface Design
User Interface desain adalah desain komputer, peralatan, mesin, perangkat komunikasi mobile, aplikasi perangkat lunak, dan situs web dengan fokus pada pengalaman pengguna dan interaksi. Tujuan dari user interface design adalah membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuan pengguna-apa yang sering disebut pengguna desain yang berpusat. User interface design yang bagus memfasilitasi dan menyelesaikan tugas di tangan tanpa menarik perhatian yang tidak perlu pada dirinya sendiri. Desain grafis dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegunaan. Proses desain harus menyeimbangkan fungsi teknis dan elemen visual (misalnya, model mental) untuk menciptakan sebuah sistem yang tidak hanya operasional saja tetapi juga bermanfaat serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna berubah.

Sound Design
Sound Design adalah hal – hal yang berhubungan dengan suara dan audio. Penggunaan audio dalam suatu produk bukanlah ha lasing pada saat ini. Dimulai dari software hingga produk entertainment yang beredar dipasaran hamper semua memiliki elemen audio didalamnya.

Scenario Design
Scenario Design merupakan bagaimana desain interaksi antar pengguna dan sistem. Scenario design membantu pengembangnya untuk fokus terhadap produk atau software yang dikembangkannya sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Invention Design
Membuat sebuah produk yang sebelumnya belum pernah di buat,yang nantinya akan menimbulkan pengaruh yang bermacam-macam di masyarakat.

Navigation Design
Menentukan navigasi halaman-halaman web. Setelah arsitektur WebApp sudah terbentuk dan komponen-komponen seperti halaman, scripts, applet dan fungsi lain sudah ada, developer menentukan navigasi yang memungkinkan user mengakses isi WebApp dan layananlayanannya. Jika user tidak bisa berpindah ke halaman lain dalam web dengan mudah dan cepat maka mungkin karena grafik, dan isi tidak relevant, ini masalah navigasi.

Design Simulation
Design Simulation merupakan penunjang kerja pada produsen didalam melakukan percobaan terhadap sebuah produk yang masih dalam tahap perkembangan dan belum dipublikasikan kemasyarakat.
   
Application Design
Pengumpulan dan analisis fungsi bisnis pelanggan, kemudian merancang sebuah solusi aplikasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang diprioritaskan. Seorang Aplikasi Designer akan merancang, mengembangkan, menginstal, menguji, dan mendokumentasikan perangkat lunak aplikasi dasar, termasuk database, server, integrasi, klien, dan komponen web.Aplikasi Desainer berkontribusi pada desain dan pengiriman komponen solusi arsitektur teknis.

Usability Engineering
Rekayasa kegunaan adalah bidang yang berkaitan dengan umumnya interaksi manusia-komputer dan secara khusus dengan merancang antarmuka manusia-komputer yang memiliki kegunaan yang tinggi atau ramah pengguna. Ini menyediakan metode terstruktur untuk mencapai efisiensi dan keanggunan dalam desain antarmuka.

Design Control
Kontrol desain menunjuk penerapan metodologi formal untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan produk. Hal ini sering wajib (oleh peraturan) untuk melaksanakan praktek seperti ketika merancang dan mengembangkan produk dalam industri diatur

Interactive Environtment
Interaktif Lingkungan Kecil mengeksplorasi kemungkinan dinamis, ruang interaktif di mana orang dan bangunan terlibat dalam hubungan timbal balik. Dengan menghubungkan data dan pengalaman yang berkembang melalui hubungan ini, lingkungan dibangun menjadi sebuah entitas interaktif, adaptif dan bernyawa.

Ubiquitous Computing
konsep dalam rekayasa perangkat lunak dan ilmu komputer di mana komputasi dibuat untuk muncul kapan saja dan di mana-mana. Berbeda dengan komputer desktop, komputasi di mana-mana dapat terjadi dengan menggunakan perangkat apapun, di setiap lokasi, dan dalam format apapun. Seorang pengguna berinteraksi dengan komputer, yang bisa eksis dalam berbagai bentuk, termasuk komputer laptop, tablet dan terminal di benda-benda sehari-hari seperti kulkas atau sepasang kacamata. Teknologi yang mendasari untuk mendukung komputasi di mana-mana termasuk Internet, middleware canggih, sistem operasi, kode ponsel, sensor, mikroprosesor, baru I / O dan antarmuka pengguna, jaringan, protokol mobile, lokasi dan posisi dan material baru.

Intsallation Media
Sebuah proses atau langkah dimana membuat sebuah suatu software menjadi siap di jalankan di media atau perangkat tertentu.

sumber :

http://uniteux.com/apa-itu-interaction-design/
http://rikua-kiryuu.blogspot.co.id/2010/11/interface-design.html

http://madridwan94.blogspot.co.id/2016/01/penjelasan-interaction-design-ixd.html





0 komentar:

Posting Komentar