Interaction Design
Interaction
Design yang sering di singkat menjadi IxD ini
merupakan salah satu dari disiplin ilmu dari UX yang berhubungan erat dengan
HCI (Human Computer Interaction)
di mana kita mempelajari hubungan antara user, tujuannya, task, pengalaman,
kebutuhan dan apa yang user inginkan. Dimana dalam hal ini kita melakukan
pendekatan design dengan berpusat kepada perspektif user sementara tetap
berusaha untuk menyeimbangkan kebutuhan dari sang user dengan business
goals dan kemampuan
teknologi yang ada.
Interaface Design
User Interface desain adalah desain
komputer, peralatan, mesin, perangkat komunikasi mobile, aplikasi perangkat
lunak, dan situs web dengan fokus pada pengalaman pengguna dan interaksi.
Tujuan dari user interface design adalah membuat interaksi pengguna sesederhana
dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuan pengguna-apa yang sering
disebut pengguna desain yang berpusat. User interface design yang bagus
memfasilitasi dan menyelesaikan tugas di tangan tanpa menarik perhatian yang
tidak perlu pada dirinya sendiri. Desain grafis dapat dimanfaatkan untuk
mendukung kegunaan. Proses desain harus menyeimbangkan fungsi teknis dan elemen
visual (misalnya, model mental) untuk menciptakan sebuah sistem yang tidak
hanya operasional saja tetapi juga bermanfaat serta dapat disesuaikan dengan
kebutuhan pengguna berubah.
Sound Design
Sound Design adalah hal – hal yang
berhubungan dengan suara dan audio. Penggunaan audio dalam suatu produk
bukanlah ha lasing pada saat ini. Dimulai dari software hingga produk
entertainment yang beredar dipasaran hamper semua memiliki elemen audio
didalamnya.
Scenario Design
Scenario Design merupakan bagaimana
desain interaksi antar pengguna dan sistem. Scenario design membantu
pengembangnya untuk fokus terhadap produk atau software yang dikembangkannya
sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Invention Design
Membuat sebuah produk yang sebelumnya
belum pernah di buat,yang nantinya akan menimbulkan pengaruh yang
bermacam-macam di masyarakat.
Navigation Design
Menentukan navigasi halaman-halaman web.
Setelah arsitektur WebApp sudah terbentuk dan komponen-komponen seperti
halaman, scripts, applet dan fungsi lain sudah ada, developer menentukan
navigasi yang memungkinkan user mengakses isi WebApp dan layananlayanannya.
Jika user tidak bisa berpindah ke halaman lain dalam web dengan mudah dan cepat
maka mungkin karena grafik, dan isi tidak relevant, ini masalah navigasi.
Design Simulation
Design Simulation merupakan penunjang kerja pada produsen didalam
melakukan percobaan terhadap sebuah produk yang masih dalam tahap perkembangan
dan belum dipublikasikan kemasyarakat.
Application Design
Pengumpulan dan analisis fungsi bisnis
pelanggan, kemudian merancang sebuah solusi aplikasi untuk memenuhi kebutuhan
bisnis yang diprioritaskan. Seorang Aplikasi Designer akan merancang,
mengembangkan, menginstal, menguji, dan mendokumentasikan perangkat lunak
aplikasi dasar, termasuk database, server, integrasi, klien, dan komponen
web.Aplikasi Desainer berkontribusi pada desain dan pengiriman komponen solusi
arsitektur teknis.
Usability Engineering
Rekayasa kegunaan adalah bidang yang
berkaitan dengan umumnya interaksi manusia-komputer dan secara khusus dengan
merancang antarmuka manusia-komputer yang memiliki kegunaan yang tinggi atau
ramah pengguna. Ini menyediakan metode terstruktur untuk mencapai efisiensi dan
keanggunan dalam desain antarmuka.
Design Control
Kontrol desain menunjuk penerapan
metodologi formal untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan produk. Hal ini
sering wajib (oleh peraturan) untuk melaksanakan praktek seperti ketika
merancang dan mengembangkan produk dalam industri diatur
Interactive Environtment
Interaktif Lingkungan Kecil
mengeksplorasi kemungkinan dinamis, ruang interaktif di mana orang dan bangunan
terlibat dalam hubungan timbal balik. Dengan menghubungkan data dan pengalaman
yang berkembang melalui hubungan ini, lingkungan dibangun menjadi sebuah
entitas interaktif, adaptif dan bernyawa.
Ubiquitous Computing
konsep dalam rekayasa perangkat lunak
dan ilmu komputer di mana komputasi dibuat untuk muncul kapan saja dan di
mana-mana. Berbeda dengan komputer desktop, komputasi di mana-mana dapat
terjadi dengan menggunakan perangkat apapun, di setiap lokasi, dan dalam format
apapun. Seorang pengguna berinteraksi dengan komputer, yang bisa eksis dalam
berbagai bentuk, termasuk komputer laptop, tablet dan terminal di benda-benda
sehari-hari seperti kulkas atau sepasang kacamata. Teknologi yang mendasari
untuk mendukung komputasi di mana-mana termasuk Internet, middleware canggih,
sistem operasi, kode ponsel, sensor, mikroprosesor, baru I / O dan antarmuka
pengguna, jaringan, protokol mobile, lokasi dan posisi dan material baru.
Intsallation Media
Sebuah proses atau langkah dimana
membuat sebuah suatu software menjadi siap di jalankan di media atau perangkat
tertentu.
sumber :
http://uniteux.com/apa-itu-interaction-design/
http://rikua-kiryuu.blogspot.co.id/2010/11/interface-design.html
http://madridwan94.blogspot.co.id/2016/01/penjelasan-interaction-design-ixd.html
sumber :
http://uniteux.com/apa-itu-interaction-design/
http://rikua-kiryuu.blogspot.co.id/2010/11/interface-design.html
http://madridwan94.blogspot.co.id/2016/01/penjelasan-interaction-design-ixd.html
Aliran Pada Interaction Design