Jumat, 18 Desember 2015

Aliran Desain Grafis

3 Aliran Desain Grafis


1.       Art and Craft Movement
Art and Craft Movement adalah gerakan seni dan kerajinan tangan yang berawal pasca revolusi industri. Gerakan ini menekankan komitmen kerja tangan dan estetika dan menolak segala bentuk keindahan yang dihasilkan oleh industri. Mesin dianggap menghantui pekerja karena mesin punya standar sendiri. Gerakan ini lebih terkesan ke arah klasik seperti barok, rokoko, oriental, maupun renaissance. Pengrajin yang menganut paham ini harus serius, teliti, dan berjiwa seni.

Contoh :












2.       Art Nouveau
Aliran ini muncul di eropa pada tahun 1819 dan berakhir hingga perang dunia i pada tahun 1914. Aliran ini tampil sebagai reaksi terhadap industri yang menghilangkan sifat kemanusiaan pada seni. Desain art nouveau umumnya terinspirasi dari bentuk-bentuk alam seperti bunga, burung, serangga, ombak laut, postur tubuh wanita, dan esbagainya. Desain art nouveau biasanya ditandai dengan adanya ornamen meliuk-liuk mengikuti irama alam dan lingkungan.

Contoh :








3.       Art Deco
Kata art deco terbesit dari sebuah pameran bernama exposition internationale des arts décoratifs et industriels modernes(international exposition of modern industrial and decorative art) di paris pada tahun 1925. Reputasi art deco meningkat pada tahun 1920-an dan berakhir sementara waktu pada masa perang dunia ii. Gerakan ini bangkit kembali setelah perang dunia ii dan bergabung dengan gerakan-gerakan lain menjadu suatu gaya internasional.

Art deco adalah seni dekoratif. Elemen-elemen dekorasi sangat ditekankan dalam paham ini dan biasnya terinspirasi dari berbagai macam pola seperti zig-zag, kurva, atau streamline. Selain itu, bentuk seperti sirip hiu, kapal, atau matahari sangat umum ditemukan dalam bangunan art deco. Paham ini juga terinspirasi dari bangunan kuno seperti kuil mesir, piramida aztec-maya, ziggurat babilonia, bahkan candi-candi jawa.

Contoh :





sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013143705/knowledge-macam-macam-aliran-desain/



0 komentar:

Posting Komentar